Beranda » Uncategorized » Berenang Pada Saat Pandemi

Berenang Pada Saat Pandemi

Apakah Aman Berenang Saat Pandemi

Buat kamu yang hobi berenang, pandemi tentu menyebalkan karena menghilangkan salah satu kesenanganmu. Selain gym, kolam renang juga menjadi fasilitas publik yang ditutup dan wajib dihindari pada awal masa pandemi serta saat jumlah kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya. Sebenarnya, amankah berenang di masa pandemi?

Selain membuat pikiran menjadi lebih rileks, rutin berenang juga bermanfaat untuk membangun massa otot, mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta memperbaiki mood dan kualitas tidur.

Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyabab penyakit

Antara virus korona dan kolam renang

Tahukah kamu, hingga saat artikel ini ditulis, Centers for Disease Control and Prevention (CDC)  belum menemukan adanya laporan ilmiah tentang penyebaran virus penyebab COVID-19 melalui air di kolam, bak air panas, taman bermain air, atau tempat air lainnya. 

Yang perlu kamu ingat, SARS-CoV-2 sebenarnya paling sering menyebar melalui droplet atau tetesan dari saluran pernafasan ketika seseorang berkontak dekat. Apalagi, kita tidak mungkin mengenakan masker saat berada di dalam kolam renang. Artinya, potensi penularan virus korona dari kolam renang justru terjadi akibat kontak dekat dengan pengguna kolam lainnya.

Apakah desinfektan kolam renang mampu ‘membunuh’ virus korona?

Sampai saat ini, belum ada jawaban berbasis ilmiah yang menyatakan bahwa penggunaan klorin dan bromin sebagai desinfektan kolam renang mampu membunuh virus korona. Pada dasarnya, kolam renang memang perlu didesinfeksi, terlepas dari ada tidaknya pandemi COVID-19.

Nah, mengingat tingginya potensi penularan COVID-19 melalui kontak dekat dengan orang lain, salah satu upaya pencegahan penularan virus korona di kolam renang ialah membatasi jarak di seluruh area kolam renang,mulai dari penggunaan kursi tunggu, ruang bilas atau ruang ganti, dan lainnya. Kolam juga bisa menghentikan dahulu fasilitas peminjaman barang-barang umum, seperti pelampung atau peralatan renang lainnya yang sulit didesinfeksi.

Di Indonesia sendiri, pada pertengahan tahun lalu, Pemerintah juga telah menetapkan kebijakan bagi kolam renang untuk dapat tetap beroperasi selama masa pandemi. Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Mendesinfeksi kolam dengan kadar tertentu untuk menyesuaikan tingkat keasaman setiap harinya. Hal ini juga perlu diinformasikan kepada pengunjung kolam renang.
  2. Mendesinfkesi seluruh permukaan di sekitar kolam renang
  3. Menerapkan jaga jarak di ruang ganti
  4. Membatasi pengguna kolam renang 

Protokol kesehatan di kolam renang yang wajib kamu patuhi

Hmm, sebenarnya ada banyak pilihan aktivitas untuk tetap sehat. Kita bisa menunda untuk berenang terlebih dahulu selama masa-masa yang tidak pasti ini. Namun, kalau kamu memang sangat-sangat ingin berenang, terapkan tujuh tips berikut supaya kamu dan orang-orang yang kamu sayangi tetap sehat, ya!

  1. Pilih kolam renang outdoor

Ingat, virus penyebab COVID-19 ini juga dapat berada di udara selama beberapa menit hingga berjam-jam, khususnya di ruang tertutup atau ruangan dengan ventilasi yang kurang baik

  1. Kunjungi kolam renang saat baru buka pada pagi hari

Pada pagi hari, kolam baru selesai didesinfeksi. Di masa pandemi, pada hari biasa, dan di pagi hari, kolam juga biasanya masih sepi pengunjung. Selain menjadikan kolam “milikmu pribadi”, kamu tidak akan bertemu pengguna kolam renang lain yang bisa saja menularkan virus korona. Jika kolam ramai, sebaiknya kamu menunda rencanamu dulu, ya!

  1. Pastikan kamu dalam keadaan sehat

Sesuai kebijakan Kemenkes, pengunjung kolam renang wajib mengisi form tes penilaian diri sendiri akan risiko COVID-19. Jika hasil tes tersebut mendapatkan kategori risiko besar, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang

  1. Gunakan peralatan renang pribadimu, termasuk pelampung atau peralatan lainnya
  2. Gunakan masker selama kamu tidak di dalam kolam
  3. Menjaga jarak dan berhati-hati dalam menggunakan fasilitas ruang bersama tertutup (indoor) di kolam renang, seperti ruang ganti. Jangan lupa juga untuk cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan ruang ganti
  4. Hindari menyentuh peralatan yang sering disentuh orang lain

Jangan sampai berenang yang menyehatkan malah membuatmu jatuh sakit, ya!

***

Kementerian Kesehatan (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Diakses melalui https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-menteri-kesehatan-nomor-hk0107menkes3822020 pada 11 Oktober 2021

Tinggalkan komentar